Visi dan Misi

VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH

Tujuan Pendidikan Nasional berdasarkan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 BAB II pasal 3 adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yangberiman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

A. VISI
Dalam mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional, kurikulum yang disusun melakukan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi sekolah. Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Misalnya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, arus globalisasi dan informasi, serta perubahan kesadaran masyarakat terhadap pendidikan yang mengintegrasikan budaya dan karakter bangsa sehingga memacu sekolah untuk merespons tantangan dan peluang. Oleh karena itu, sekolah merumuskan visi SMP Negeri 1 Dusun Selatan, yaitu Unggul dan berprestasi, berwawasan lingkungan,serta berakhlakul karimah, adapun Moto SMPN 1 Dusun Selatan ” CERDAS CEMERLANG” (Competive, Educative, Religius, Democratice, Aplicative, Self and Confidence)

1. Visi Unggul dan berprestasi, berwawasan lingkungan,serta berakhlakul karimah dapat dijabarkan indikator sebagai berikut.

Visi Indikator
Unggul dan berprestasi 1) Unggul dan berprestasi dalam perolehan Ujian Nasional (UN)
2) Unggul dalam persaingan melanjutkan ke jenjang pendidikan di atasnya
3) Unggul dan berprestasi dalam lomba kesenian
4) Unggul dan berprestasi dalam lomba olahraga
5) Unggul dan berprestasidalam lomba bahasa Inggris
6) Unggul dan berprestasi dalam karya ilmiah remaja (KIR)
7) Unggul dan berprestasi dalam lomba kreativitas
8) Unggul dan berprestasidalam lomba keagamaan
9) Unggul dan berprestasidalam lomba menulis kreatif (sastra)
10) Unggul dan berprestasi menggunakan Teknologi Informasi
Berwawasan Lingkungan
1) Melaksanakan Pembibitan
2) Melaksanakan Penanaman
3) Melaksanakan Pemeliharaan
4) Melaksanakan Pengawasan
5) Mengurangi sampah ( Reduce )

Berakhlakul karimah 1) Memberi Senyum, Sapa dan Salam.
2) Memiliki rasa hormatdan Saling menghormati
3) Berbicara dengan baik dan benar menurut kaidah bahasa
4) Mengenakan pakaian sesuai dengan aturan sekolah
5) Mewujudkan Akhlak kepada Allah, antara lain: tauhid, syukur, tawakal, mahabbah;
6) Mewujudkan akhlak pada manusia, antara lain : kreatif, dinamis, sabar, iffah, jujur, tawadlu;
7) Mewujudkan akhlak terhadap orang tua, antara lain: berbakti, mendoakannya, dll.;
8) Mewujudkan hubungannya terhadap sesama atau masyarakat, antara lain: ukhuwah, dermawan, pemaaf, tasamuh;
9) Mewujudkan hubungannya dengan alam, antara lain: merenungkan, memanfaatkan dan menjaga lingkungan dengan sebaik-baiknya

VISI MISI
Unggul dan berprestasi berwawasan lingkungan,serta berakhlakul karimah 1. Mengembangkan PAIKEM.
2. Menumbuhkan semangat keunggulan kepada seluruh warga sekolah
3. Mengembangkan dan membimbing talenta peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler secara efektif.
4. Menumbuhkan sikap gemar membaca
5. Mengembangkan budaya bangsa yang berkarakter.
6. Meningkatkan kecepatan dan kualitas layanan kepada publik
7. Menerapkan manajemen berbasis ICT.
8. Membudayakan senyum, sapa dan salam.
9. Melaksanakan tata tertib Sekolah secara konsisten dan konsekuen
10. Membudayakan sikap saling menghormati antar sesama
11. Membiasakan budaya bersih dan peduli dilingkungan
12. Membiasakan membibitkan, menanam, memelihara, dan mengawasi tanaman.
13. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama.
14. Membiasakan berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.

B. MISI
Untuk mewujudkan visi sekolah tersebut, diperlukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas Misi SMP Negeri 1 Dusun Selatan yang disusun berdasarkan visi di atas, antara lain:

C. Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah mengacu kepada visi dan misi sekolah, maka tujuan yang hendak dicapai pada tahun pelajaran 2015 / 2016 SMP Negeri 1 Dusun Selatan sebagai berikut :

1. Terlaksananya Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) masing-masing komponen sekolah (kepala sekolah, tenaga pendidik, dan Tenaga Kependidikan, dan peserta didik)
2. Terlaksananya pengembangan Standar Isi, sebagai berikut:
a. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2015 / 2016;
b. mengembangkan pemetaan SK/KI, KD, dan indikator untuk kelas VII, VIII, dan IX;
c. mengembangkan RPP untuk kelas VII, VIII, dan IX pada semua mata pelajaran dan BK;
d. mengembangkan sistem penilaian berbasis kompetensi dan saintifik
3. Melaksanakan standar proses pembelajaran, antara lain :
a. mengoptimalkan proses pembelajaran secarainteraktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didikuntuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagiprakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, danperkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
b. melaksanakan pembelajaran Lesson Study
c. melaksanakan pendekatan belajar tuntas;
d. melaksanakan pembelajaran inovatif
4. Melakukanperencanaan pembelajaran, pelaksanaan prosespembelajaran serta penilaian proses pembelajaran untuk meningkatkanefisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan.
5. Menempuh Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isimaka prinsippembelajaran yang digunakan:
a. dari pesertadidik diberi tahu menuju pesertadidik mencari tahu;
b. dari guru sebagai satu-satunya sumber belajarmenjadi belajar berbasisaneka sumberbelajar;
c. dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatanpenggunaan pendekatan ilmiah;
d. dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasiskompetensi;
e. dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu;
f. daripembelajaran yang menekankan jawaban tunggal menuju pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi dimensi;

g. daripembelajaran verbalisme menuju keterampilan aplikatif;
h. peningkatandankeseimbanganantaraketerampilafisikal (hardskills)danketerampilan mental (softskills);
i. pembelajaranyangmengutamakan pembudayaandanpemberdayaanpesertadidiksebagaipembelajar sepanjanghayat;
j. pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberiketeladanan(ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyomangun karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalamproses pembelajaran (tut wuri handayani);
k. pembelajaranyang berlangsung di rumah, di sekolah, dan dimasyarakat;
l. pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru,siapa saja adalah peserta didik, dan di mana saja adalah kelas.
m. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkanefisiensi dan efektivitas pembelajaran; dan
n. Pengakuan atas perbedaan individualdan latar belakangbudayapesertadidik.
6. Tercapainya selisih Nilai Ujian Nasional (gain score achievement) 0,5 (dari 7,26 menjadi 7,76)
7. Terlaksananya tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional sekolah
8. Meraih prestasi di bidang lomba karya ilmiah remaja (KIR) tingkat Kota
9. Memperoleh prestasi di bidang olimpiade OSN tingkat kota
10. Menjadikan 99% peserta didik memiliki kesadaran terhadap kelestarian lingkungan hidup di sekitarnya
11. Memiliki jiwa cinta tanah air yang diimplementasikan lewat kegiatan Pramuka, PMR dan PKS
12. Meraih kejuaraan dalam beberapa cabang olahraga di tingkat daerah, nasional
13. Memiliki jiwa toleransi antarumat beragama dan melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya
14. Mengadakan Program Unggulan di bidang bahasa Inggris, Olah Raga, dengan mempersiapkan ekstrakurikuler Bahasa Inggris, Bola Voli, Bulutagkis, Futsal, dan Basket dengan baik sehingga menghasilkan pestasi terbaik minimal ditingkat kota Buntok
15. Melaksakan dan mengembangkan pembiasaaan :
a. kedisiplinan dariseluruh komponen sekolah (stakeholder) untuk membentuk kepribadian yang tangguh dan kokoh sebagai dasar dalam setiap aktivitas serta sebagai aset sekolah
b. aktivitas dan kreativitas peserta didik melalui pelaksanaan kegiatan intra dan ekstrakurikuler
c. menempatkan diri sebagai Sekolah yang mengembangkan perdidikan berbasis ICT dan PAIKEM
d. Melestarikan budaya daerah melalui mulok bahasa daerah dengan indikator 90% peserta didik mampu berbahasa daerah sesuai konteks yang ada
e. sekurang-kurangnya 75% peserta didik mampu membaca dan menulis Al Qur’an dengan benar untuk yang bargama Islam
f. Membekali 90% peserta didik mampu mengakses informasi yang positif dari internet
g. sekurang-kurangnya 95% peserta didik terbiasa sholat berjamaah

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: