Kurikulum

L.         SUPERVISI, MONITORING DAN EVALUASI

Setiap kegiatan sekolah akan dilakukan monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah atau oleh tim yang dibentuk oleh sekolah.

Instrumen dibuat oleh sekolah yang di modifikasi dengan instrumen nilai yang relevan dan mengacu pada tiap-tiap item yang di evaluasi.

Monitoring dan evaluasi empat tahun ke depan diharapkan bisa dilaksanakan enam (6) kali dalam satu tahun menyesuaikan keadaan.

Program kegiatan Monitoring dan Evaluasi

a.      Persiapan

b.      Pembentukan Tim

c.      Pengembangan perangkat instrumen

d.      Pelaksanaan, yaitu pengambilan data dan analisis data, pemecahan masalah

e.      Pelaporan

f.       Tindak alnjut

II.        RENCANA OPERASIONAL SEKOLAH (1) TAHUN

A.     ANALISIS LINGKUNGAN OPERASIONAL SEKOLAH

Keadaanya nyata lingkungan sekolah pada saat ini adalah tingkat kesadaran masyarakat untuk menyekolahkan anak semakin tinggi, terbukti bahwa hampir 100% lulusan pada jenjang dasar sampai menengah melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, hal ini di tengarai dengan jumlah pendaftaran yang selalu meningkat jumlahnya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Keadaan yang demikian menimbulkan iklim kompetesi yang ketat sehingga sekolah perlu membuat terobosan-terobosan baru untuk mencapai peningkatan pelayanan pendidikan kepada masyarakat.

Seiring dengan itu peningkatan perekonomian rakyat juga ikut andil yang cukup besar dalam proses berfikir masyarakat, sehingga mereka sadar betul bahwa hidup memerlukan ilmu pengetahuan baik pengetahuan agama maupun ilmu pengetahuan duniawi.

B.     ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH SAAT INI

SMP Negeri 1 Dusun Selatan samapai dengan saat ini belum sepenuhnya memenuhi standar pelayanan minimal pendidikan terhadap peserta didik, sehingga perlu diadakan perubahan-perubahan mendasar dalam proses.

C.     ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH SATU (1) TAHUN

1.      Mutu lulusan : Prosentase jumlah kelulusan satu (1) tahun mendatang diharapkan rata-rata mencapai 7,56

Kualitas kelulusan rata – rata 100%

2.      Kondisi guru : SMPN 1 Dusun Selatan satu (1) tahun kedepan diharapkan memiliki guru sebanyak 41 orang dan 76% berkualifikasi S-1

3.      Proses Belajar Mengajar : Secara kuantitatif satu (1) tahun ke depan 85% guru sudah menggunakan pendekatan pembelajaran CTL

4.      Tenaga Tata Usaha : Jumlah tenaga tata usaha 4 orang

5.      Tenaga perpustakaan : Jumlah tenaga perpustakaan satu (1) tahun ke depan berjumlah 2 orang

6.      Media Pengajaran : saatu (1) tahun ke depan 85%

7.      Sarana Sekolah : satu (1) tahun ke depan sarana penunjang 85% sudah memadai

8.      Prasarana sekolah : Ruang kelas : satu (1) tahun ke depan memiliki 16 ruang kelas efektif.

D.     IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA (KESENJANGAN KONDISI) ANTARA KONDISI NYATA PENDIDIKAN SAAT INI DAN 1 TAHUN YANG AKAN DATANG.

NO KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI KONDISI PENDIDIKAN MASA DEPAN BESAR TANTANGA NYATA
1. Standar Kompetensi Lulusan Standar Kompetensi Lulusan
a. Bidang Akademik
–     Rata-rata pencapaian KKM semua mata pelajaran, 7,47.

–     Rata-rata pencapaian UN, 7,54

–     Memperoleh juara ke 3 tingkat kabupaten bidang Matematika

–     Memperoleh juara ke 2 tingkat kabupaten bidang IPA (fisika)

–     Memperoleh juara ke 4 tingkat provinsi bidang Biologi

–     Memperoleh juara ke 2 tingkat kabupaten bidang Astronomi.

–     Memperoleh juara ke 2 tingkat kabupaten bidang Pidato Bahasa Inggris.

–     Memperoleh juara ke 5 tingkat provinsi bidang pidato Bahasa Inggris.

–     Rata-rata pencapaian KKM semua mata pelajaran, 7,60

–     Rata-rata pencapaian UN, 7,66

–     Memperoleh juara ke 1 tingkat kabupaten bidang Matematika

–     Memperoleh juara ke 1 tingkat kabupaten bidang IPA (fisika)

–     Memperoleh juara ke 2 tingkat provinsi bidang Biologi

–     Memperoleh juara ke 1 tingkat kabupaten bidang Astronomi.

–     Memperoleh juara ke 1 tingkat kabupaten bidang Pidato Bahasa Inggris.

–     Memperoleh juara ke 4 tingkat provinsi bidang pidato Bahasa Inggris.

0,13

0,12

2 tingkat

1 tingkat

2 tingkat

1 tingkat

1 tingkat

1 tingkat

b. Bidang Non Akademik
–     Perolehan jumlah kerjuaraan 9 jenis/bidang pada tingkat kabupaten.

–     Perolehan jumlah kejuaraan 4 jenis pada tingkat provinsi.

–     Perolehan jumlah kejuaraan 1 jenis/bidang pada tingkat nasional.

–     Memperoleh juara ke 2 tingkat kabupaten dibidang pramuka.

–     Memperoleh juara ke 1 tingkat kabupaten bidang seni.

–     Memperoleh muara ke 1 tingkat kabupaten bidang Badminton.

–     Memperoleh juara ke 1 tingkat kabupaten bidang Puisi.

–     Memperoleh juara ke 2 tingkat kabupaten bidang UKS.

–     Memperoleh juara ke 2 tingkat kabupaten bidang tenis meja.

–     Memperoleh juara ke 5 tingkat provinsi bidang atletik.

–     Memperoleh juara ke 1 tingkat provinsi bidang Badminton.

–     Perolehan jumlah kerjuaraan 12 jenis/bidang pada tingkat kabupaten.

–     Perolehan jumlah kejuaraan 2 jenis pada tingkat provinsi.

–     Perolehan jumlah kejuaraan 2 jenis/bidang pada tingkat nasional.

–     Memperoleh juara ke 1 tingkat kabupaten dibidang pramuka.

–     Memperoleh juara ke 3 tingkat provinsi bidang seni.

–     Memperoleh muara ke 2 tingkat provinsi bidang Badminton.

–     Memperoleh juara ke 3 tingkat provinsi bidang Puisi.

–     Memperoleh juara ke 1 tingkat kabupaten bidang UKS.

–     Memperoleh juara ke 1 tingkat kabupaten bidang tenis meja.

–     Memperoleh juara ke 2 tingkat provinsi bidang atletik.

–     Memperoleh juara ke 3 tingkat nasional bidang Badminton.

3 jenis

1 jenis

1 jenis

1 tingkat

2 tingkat

1 tingkat

2 tingkat

1 tingkat

1 tingkat

3 tingkat

2 tingkat

c. Kelulusan
–     Jumlah kelulusan 100% –     Jumlah kelulusan 100% 0%
d. Melanjutkan studi
–     Jumlah lulusan melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 90% –     Jumlah lulusan melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 95% 5%
2. Standar Isi Standar Isi
a. Buku KTSP (dokumen 1) : Tersusun buku KTSP Tersusun buku KTSP
b. Silabus Silabus
–     Tersusun silabus 10 mata pelajaran

–     Tersusun silabus semua mata pelajaran kelas VII, VIII

–     Tersusun silabus 11 mata pelajaran

–     Tersusun silabus semua mata pelajaran kelas IX

Silabus 1 Mapel

Silabus kelas IX

c. Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP)
–     Tersusun RPP : 75% dari semua mapel

–     Tersusun RPP semua mapel kelas VII, VIII

–     Tersusun RPP : 80% dari semua mapel

–     Tersusun RPP semua mapel kelas VII, VIII

5%

RPP kls IX

3. Standar Proses
a. Persiapan Pembelajaran
–     Kepemilikan silabus oleh guru 80% memiliki

–     Kepemilikan RPP oleh guru 75% memiliki

–     Kepemilikan sumber/bahan ajar 80%

–     Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa 80%

–     Kepemilikan silabus oleh guru 85% memiliki

–     Kepemilikan RPP oleh guru 85% memiliki

–     Kepemilikan sumber/bahan ajar 85%

–     Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa 85%

5%

10%

5%

5%

b. Persyaratan Pembelajaran Persyaratan Pembelajaran
–     Jumlah sisw per rombel 40 orang siswa

–     Beban mengajar guru 16 jam/minggu

–     Ratio antara jumlah siswa dengan buku teks mapel 3 : 1

–     Pengelolaan kelas 75%

–     Jumlah sisw per rombel 35 orang siswa

–     Beban mengajar guru 24 jam/minggu

–     Ratio antara jumlah siswa dengan buku teks mapel 1 : 1

–     Pengelolaan kelas 80%

Pengurangan rombel 5 anak

Penambahan 8 jam/mgg

Penambahan buku 2 buku/siswa

5%

c. Pelaksanaan Pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran
–     Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas 80%

–     Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang eksloratif, elaboratif dan konformatif 75%

–     Penerapan CTL 80%

–     Penerapan pembelajaran tuntas 80%

–     Penerapan PAIKEM/PAKEM 65%

–     Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah 75%

–     Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran 75%

–     Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas 85%

–     Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang eksloratif, elaboratif dan konformatif 80%

–     Penerapan CTL 85%

–     Penerapan pembelajaran tuntas 85%

–     Penerapan PAIKEM/PAKEM 70%

–     Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah 80%

–     Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran 80%

5%

5%

5%

5%

5%

5%

5%

d. Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran
–     Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar 80%

–     Variasi model penilaian 2 model

–     Pengolahan/analisis hasil penilaian 1 jenis manual

–     Pemanfaatan/tindaklanjut hasil penilaian 1 manfaat

–     Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar 85%

–     Variasi model penilaian 3 model

–     Pengolahan/analisis hasil penilaian 2 jenis

–     Pemanfaatan/tindaklanjut hasil penilaian 2 manfaat

5%

1 model

1 jenis berbasis TIK

1 manfaat/tindak lanjut

e. Pengawas Proses Pembelajaran Pengawas Proses Pembelajaran
–     Cakupan kegiatan pemantauan pemnelajaran 85%

–     Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran 75%

–     Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran 75%

–     Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran 75%

–     Cakupan tindaklanjut hasil evaluasi pembelajaran 75%

–     Cakupan kegiatan pemantauan pemnelajaran 90%

–     Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran 80%

–     Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran 80%

–     Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran 80%

–     Cakupan tindaklanjut hasil evaluasi pembelajaran 80%

5%

5%

5%

5%

5%

4. Standar tenaga pendidik & kependidikan Standar tenaga pendidik & kependidikan
a. Kepala Sekolah Kepala Sekolah
–     Belum pelatihan Bahasa Inggris atau TOEFL = 400

–     Belum pelatihan TIK

–     Pelatihan kepemimpinan 2 kali

–     Pelatihan Manajemen Sekolah (MBS) 1 kali

–     Belum pelatihan kewirausahaan

–     Pelatihan supervisi monitoring dan evaluasi sekolah 1 kali

–     Pelatihan administrasi persekolahan 1 kali

–     Pelatihan KTSP 1 kali

–     Belum pelatihan Bahasa Inggris atau TOEFL = 420

–     Belum pelatihan TIK minimal 2 kali

–     Pelatihan kepemimpinan 2 kali

–     Pelatihan Manajemen Sekolah (MBS) 2 kali

–     pelatihan kewirausahaan minimal 1 kali

–     Pelatihan supervisi monitoring dan evaluasi sekolah 2 kali

–     Pelatihan administrasi persekolahan 2 kali

–     Pelatihan KTSP minimal 2 kali

20GS nilai TOEFL

2 kali

1 kali

1 kali

1 kali

1 kali

1 kali

1 kali

b. Guru (Bersifat rata-rata) Guru (Bersifat rata-rata)
–     Jumlah guru keselurahan 39 orang

–     Jumlah guru matematika 4 orang

–     Jumlah guru B. Inggirs 3 orang’

–     Jumlah guru B. Indonesia 4 orang

–     Belum ada guru seni

–     Belum ada guru BP/BK

–     Jumlah guru TIK 1 orang

–     Guru mengikuti pelatihan CTL 80%

–     Pelatihan pembelajaran tuntas 80%

–     Pelatihan penilaian dan evaluasi pembelajaran 90%

–     Pelatihan/kursus B. Inggris 25%

–     Pelatihan TIK 60%

–     Pelatihan KTSP 98%

–     Pelatihan penelitian pendidikan 25%

–     Pelatihan kepribadian 95%

–     Pengabdian masyarakat 80%

–     Pelatihan PAIKEM/PAKEM 65%

–     Jumlah guru S.1 53%

–     Jumlah guru bersertifikasi profesi 40%

–     Jumlah guru yang memiliki komputer/laptop 10%

–     Jumlah guru keselurahan 41 orang

–     Jumlah guru matematika 5 orang

–     Jumlah guru B. Inggirs 4 orang’

–     Jumlah guru B. Indonesia 5 orang

–     Ada guru seni 1 orang

–     Ada guru BP/BK 1 orang

–     Jumlah guru TIK 2 orang

–     Guru mengikuti pelatihan CTL 85%

–     Pelatihan pembelajaran tuntas 85%

–     Pelatihan penilaian dan evaluasi pembelajaran 95%

–     Pelatihan/kursus B. Inggris 35%

–     Pelatihan TIK 75%

–     Pelatihan KTSP 99%

–     Pelatihan penelitian pendidikan 35%

–     Pelatihan kepribadian 100%

–     Pengabdian masyarakat 85%

–     Pelatihan PAIKEM/PAKEM 70%

–     Jumlah guru S.1 73%

–     Jumlah guru bersertifikasi profesi 60%

–     Jumlah guru yang memiliki komputer/laptop 25%

2 org

1 org

1 org

1 org

1 org

1 org

1 org

5%

5%

5%

10%

10%

1%

10%

5%

5%

5%

20%

20%

15%

c. Tenaga TU, Laboran, Pustakawan dll Tenaga TU, Laboran, Pustakawan dll
–     Jumlah tenaga Tu 3 orang

–     Jumlah tenaga Laboran IPA 1 orang

–     Jumlah tenaga Laboran komputer 1 orang

–     Jumlah tenaga pustakawan 1 orang

–     Operator komputer 1 orang

–     Penjaga sekolah 1 orang

–     Satpam 1 orang

–     Penjaga malam 1 orang

–     Belum ada tukang kebun/taman

–     Belum ada tenaga khusus kebersihan lingkungan sekolah

–     Pelatihan TIK Tu 60%

–     Pelatihan B. Inggris 10%

–     Pelatihan manajemen sesuai bidang 10%

–     Kualifikasi pendidikan TU SMA/SMK

–     Jumlah tenaga Tu 4 orang

–     Jumlah tenaga Laboran IPA 1 orang

–     Jumlah tenaga Laboran komputer 2 orang

–     Jumlah tenaga pustakawan 2 orang

–     Operator komputer 2 orang

–     Penjaga sekolah 2 orang

–     Satpam 2 orang

–     Penjaga malam 2 orang

–     Ada tukang kebun/taman 1 orang

–     Ada tenaga khusus kebersihan lingkungan sekolah 1 orang

–     Pelatihan TIK Tu 70%

–     Pelatihan B. Inggris 30%

–     Pelatihan manajemen sesuai bidang 30%

–     Kualifikasi pendidikan TU D-3

1 org

1 org

1 org

1 org

1 org

1 org

1 org

1 org

1 org

1 org

10%

20%

10%

1 level

5. Standar Sarana dan Prasaran Standar Sarana dan Prasaran
a. Sarana dan Prasarana Minimal Sarana dan Prasarana Minimal
–     Ruang kepala sekolah 43M2

–     Ruang wkl kepsek tidak ada

–     Raugn lab. komputer tidak ada

–     Raugn BP/BK tidak ada

–     Ruang guru tidk standar 119M2

–     Ruang kepala sekolah 43M2

–     Ruang wkl kepsek tidak ada

–     Raugn lab. komputer tidak ada

–     Raugn BP/BK tidak ada

–     Ruang guru standar 137M2

b. Sarana dan Prasarana Lain Sarana dan Prasarana Lain
–     Ruang multimedia tidak ada

–     Ruang akademik dan pengembangan SIM tidak ada

–     Ruang keterampilan tidak ada

–     Ruang kesenian tidak ada

–     Ruang multimedia tidak ada

–     Ruang akademik dan pengembangan SIM tidak ada

–     Ruang keterampilan tidak ada

–     Ruang kesenian tidak ada

c. Fasilitas pembelajaran & penilaian Fasilitas pembelajaran & penilaian
–     Daya listrik rendah (< 1200W)

–     Komputer guru 5%

–     Komputer TU 1 Buah

–     Komputer perpustakaan tidak ada

–     Komputer Lan. IPA tidak ada

–     Komputer ruang osis tidak ada

–     Komputer ruang UKS tidak ada

–     Jaringan internet tidak ada

–     sarana olahraga 75%

–     LCD ada 1 buah

–     Infokus ada 1 buah

–     Sound sistem 1 buah

–     Sarana kesenian 60%

–     Daya listrik rendah (5000W)

–     Komputer guru 10%

–     Komputer TU 2 Buah

–     Komputer perpustakaan 1 buah

–     Komputer Lan. IPA 1 buah

–     Komputer ruang osis 1 buah

–     Komputer ruang UKS 1 buah

–     Jaringan internet ada

–     sarana olahraga 80%

–     LCD ada 1 buah

–     Infokus ada 1 buah

–     Sound sistem 1 buah

–     Sarana kesenian 65%

3800W

5%

1 buah

1 buah

1 buah

1 buah

1 buah

1 buah

5%

1 buah

1 buah

1 buah

5%

6. Standar pengelolaan Standar pengelolaan
a. Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan
–     Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2) 80%

–     Dokumen PSB 80%

–     Dokumen pedoman pembinaan kesiswaan 80%

–     Dokumen tata tertib sekolah 80%

–     Dokumen kode etik sekolah 75%

–     Dokumen penugasan guru 75%

–     Dokumen administrasi sekolah 80%

–     Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2) 85%

–     Dokumen PSB 85%

–     Dokumen pedoman pembinaan kesiswaan 85%

–     Dokumen tata tertib sekolah 80%

–     Dokumen kode etik sekolah 80%

–     Dokumen penugasan guru 85%

–     Dokumen administrasi sekolah 85%

5%

5%

5%

5%

5%

10%

5%

b. Struktur Organisasi dan Mekanisme kerja Struktur Organisasi dan Mekanisme kerja
–     Struktur organisasi 80%

–     Dokumen pembagian tugas/tupoksi 85%

–     Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi 80%

–     Struktur organisasi 85%

–     Dokumen pembagian tugas/tupoksi 90%

–     Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi 85%

5%

5%

5%

c. Supervisi, monitoring, evaluasi & akreditasi sekolah Supervisi, monitoring, evaluasi & akreditasi sekolah
–     Adanya tim khusus 80%

–     Adanya instrumen supervisi 75%

–     Adanya instrumen evaluasi 85%

–     Adanya instrumen akreditasi 65%

–     Adanya pelaporan supervisi 50%

–     Tidak ada pelaporan akreditasi internal

–     Pedokumentasian 80%

–     Tindaklanjut 85%

–     Adanya tim khusus 85%

–     Adanya instrumen supervisi 85%

–     Adanya instrumen evaluasi 90%

–     Adanya instrumen akreditasi 70%

–     Adanya pelaporan supervisi 60%

–     Tidak ada pelaporan akreditasi 50%

–     Pedokumentasian 85%

–     Tindaklanjut 90%

5%

10%

5%

5%

10%

50%

5%

5%

d Kemitraan dan peranserta masyarakat Kemitraan dan peranserta masyarakat
–     Dokumen komite sekolah 75%

–     Dokumen program kerja komite sekolah 75%

–     Kepengurusan komite sekolah 80% lengkap

–     Belum ada kerjasama dengan pihak lain

–     Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa 15.000/bulan

–     Dokumen komite sekolah 80%

–     Dokumen program kerja komite sekolah 80%

–     Kepengurusan komite sekolah 85% lengkap

–     Perolehan kerjasama dengan pihak lain 1 instansi

–     Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa 40.000/bulan

5%

5%

5%

1

instansi

25.000/

bulan

e. SIM Sekolah SIM Sekolah
–     Tidak terpasang PAS (Paket Aplikasi Sekolah)

–     Tidak terpasang jaringan SIM

–     Terpasang PAS (Paket Aplikasi Sekolah) 25%

–     Terpasang jaringan SIM 25%

75%

75%

7. Standar keuangan dan pembiayaan Standar keuangan dan pembiayaan
a. Sumber dana 3 buah Sumber dana 2 buah Min 1
b. Pengalokasian dana 3 SNP Pengalokasian dana 2 SNP 1 atau lebih
c. Penggunaan dana 90% benar Penggunaan dana 95% benar 5%%
d. Pelaporan penggunaan dana 90% Pelaporan penggunaan dana 95% 5%
e. Dokumen pendukung pelaporan 80% Dokumen pendukung pelaporan 85% 5%
8. Standar Penilaian Pendidikan Standar Penilaian Pendidikan
a. Frekuensi ulangan harian oleh guru 75% Frekuensi ulangan harian oleh guru 80% 5%
b. Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru 75% Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru 80% 5%
c. Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah 80% Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah 85% 5%
d. Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah 80% Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah 85% 5%
e. Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran 80% Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran 90% 10%
f. Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian 80% Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian 85% 5%
g. Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester 80% Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester 85% 5%
h. Variasi instrumen yang dikembangkan sekoklah untuk ulangan kenaikan kelas 80% Variasi instrumen yang dikembangkan sekoklah untuk ulangan kenaikan kelas 85% 5%
i. Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru 80% terpenuhi Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru 90% terpenuhi 5%
j. Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah 80% tercapai Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah 85% tercapai 5%
9. Pengembangan budaya dan kebersihan Pengembangan budaya dan kebersihan
a. Pengembangan budaya bersih 80% Pengembangan budaya bersih 90% 10%
b. Tersedianya sarana kebersihan 75% Tersedianya sarana kebersihan 85% 10%
c. Tersedianya sarana kebersihan sekolah 80% Tersedianya sarana kebersihan sekolah 85% 5%
d. Pemenuhan sistem sanitasi/drainase 75% Pemenuhan sistem sanitasi/drainase 80% 5%
e. Penciptaan lingkungan sehat,asri, indah, rindang, sejuk, nyaman 80% Penciptaan lingkungan sehat,asri, indah, rindang, sejuk, nyaman 90% 5%
f. Penciptaan budaya tata krama “In Action” 80% Penciptaan budaya tata krama “In Action” 90% 10%
g. Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain 2 lembaga yang relevan Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain 3 lembaga yang relevan 1 lembaga
h. Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan dll 2 lomba Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan dll 3 lomba 1 lomba

E.      TUJUAN SITUASIONAL / SASARAN

1.   Bidang Pemerataan dan Perluasan Akses

1.1    Sekolah meningkatkan standar kelulusan tahun pelajaran 2008/2009

1.2    Sekolah mengembangkan bahan, sumber pembelajaran 2008/2009

2.   Bidang Mutu, Efisiensi, dan Pemerataan

2.1    Sekolah mengembangkan kurikulum satuan pendidikan (KTSP) berikut kelengkapannya (Silabus dan penilaian, Rencana pelaksanaan pembelajaran) untuk dilaksanakan dikelas VII tahun 2007/2008, dan kelas VIII dan IX untuk dilaksanakan tahun pelajaran berikutnya.

2.2    Sekolah menegmbangkan profesionalitas, kompetensi guru dan tenaga TU

2.3    Sekolah mengembangkan strategi pembelajaran dengan pendekatan CTL tahun 2008/2009

2.4    Sekolah mengembangkan media pembelajaran, sarana pendidikan dan lingkungan belajar yang kondusif melalui program UKS / 7K.

2.5    Sekolah mengembangkan kejuaraan lomba bidang akademik ( Olypiade Sains dan lomba Bahasa Inggris ) non akademik ( Olaharaga dan Seni, Pramuka )

3.   Bidang manajemen, Governance, dan Pencitraan Publik

3.1    Sekolah mengembangkan sistem informasi manajemen (SIM) pendidikan yang sesuai SNP

3.2    Sekolah mengembangkan dan melengkapi administrasi sekolah yang bersifat wajib dan tidak wajib

3.3    Sekolah mengembangkan supervisi klinis oleh kepala sekolah tahun 2008/2009

3.4    Sekolah mengembangkan sistem / mekanisme layanan kemudahan akses program dan keuangan sekolah

3.5    Sekolah mengembangkan sistem subsidi silang

F.      IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI / KOMONEN / URUSAN SEKOLAH UNTUK MENCAPAI SETIAP SASARAN

Fungsi – Fungsi Sasaran Faktor Internal Faktor Eksternal
1.1  Sekolah meningkatkan standar kelulusan tahun

Pelajaran 2008/2009

1.2  Sekolah mengembangkan bahan / sumber

Pembelajaran

a.  Guru

b.  Kepala Sekolah

c.  Narasumber

d.  Kurikulum

e.  Siswa

a.  Kepala Sekolah

b.  Guru

c.  Siswa

a.  Dana

b.  Komite Sekolah

c.  Dinas P & K (Pengawas Pendidikan )

a.  Sarana

b.  Dana

c.  Waktu (Berkesinambungan )

2.1  Sekolah mengembangkan kurikulum satuan

pendidikan (KTSP) berikut kelengkapannya Silabus

dan Penilaian, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

untuk dilaksanakan dikelas VII tahun 2006/2007,

dan kelas VIII dan IX untuk dilaksanakan tahun

pelajaran berikutnya sekolah mengembangkan SDM

pendidikan.

2.2  Sekolah mengembangkan profesionalitas,

kompetensi guru dan tenaga TU

2.3  Sekolah mengembangkan strategi pembelajaran

Dengan pendekatan CTL tahun 2008/2009

2.4  Sekolah mengembangkan media pembelajaran,

Sarana pendidikan dan lingkungan belajar yang

Kondusif

2.5  Sekolah mengembangkan kejuaraan lomba bidang

Akademik (Olympiade Sains dan lomba Bahasa

Inggris) non akademik (olahraga dan seni, pramuka)

a.  Guru

b.  Kepala Sekolah

c.  Kurikulum

a.  Kepala Sekolah

b.  Guru

c.  Tata Usaha

d.  Narasumber

e.  Fasilitas komputer

a.  Guru

b.  Siswa

c.  Kurikulum

a.  Kepala Sekolah

b.  Guru

c.  Tenaga Tata Usaha

d.  Kurikulum

a.  Guru

b.  Siswa

c.  Pelatih

d.  Silabus Olympiade Sains

a.  Narasumber

b.  Pendanaan

c.  Komite Sekolah

a.  Dana

b.  Waktu (berkesinambungan)

c.  ATK

a.  Sarana

b.  Dana

c.  Pengawas

a.  Sarana

b.  Dana

c.  Komite Sekolah

a.  Sarana

b.  Dana

c.  ATK

d.  Komite Sekolah

3.1  Sekolah mengembangkan sistem informasi

Manajemen (SIM) pendidikan yang sesuai SNP

3.2  Sekolah mengembangkan adminstrasi sekolah yang

Bersifat wajib dan tidak wajib

3.3  Sekolah mengembangkan sistem/mekanisme

layanan kemudahan akses program dan keuangan

sekolah

3.4  Sekolah mengembangkan sistem subsidi silang

a.  Kepala Sekolah

b.  Tenaga Administrasi (TU)

c.  Guru

a.  Kepala Sekolah

b.  Tenaga Administrasi (TU)

c.  Guru

a.  Kepala Sekolah

b.  Tenaga Administrasi (TU)

a.  Kepala Sekolah

b.  Komite Sekolah

a.  Sarana

b.  Dana

c.  Komite Sekolah

d. ATK

a.  Sarana

b.  Dana

a.  Komite Sekolah

b.  Dana

c.  Masyarakat

d.  Dinas P & K

a.  Sarana dan Prasaran

b.  Dana

c.  Siswa

d.  Masyarakat

G.        ANALISIS SWOT

Sasaran 1 : Program Pembuatan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

Komponen fungsi dan Faktornya Kriteria Kesiapan

(Kondisi Ideal)

Kondisi Nyata Tingkat Kesiapan Faktor
Siap Tdk
1 2 3 4 5
Internal
Guru

Dana

Fasilitas

Mampu membuat standar kompetensi lusuan

Dana bantuan pusat untuk tahun 1

Buku referensi lengkap

Ruang kelas lengkap

Terlatih dan memiliki pengalaman sesuai dengan latar belakang pendidikan

Dana bantuan pusat 100%

Terbatas buku referensi untuk beberapa mata pelajaran

Tersedianya ruang kelas tempat proses belajar mengajar

Ö

Ö

Ö

Ö
Eksternal
Komite Sekolah

Siswa

Melaksanakan kerja sama dengan sekolah Sedang mencari dana penunjang untuk kegiatan SKL Ö

Sasaran 2 : Program Pengembangan Kurikulym Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Komponen fungsi dan Faktornya Kriteria Kesiapan

(Kondisi Ideal)

Kondisi Nyata Tingkat Kesiapan Faktor
Siap Tdk
1 2 3 4 5
Internal
PBM/latihan

Dana

Sekolah memiliki guru yang mempunyai kurikulum pada masing-masing mata pelajaran

Dana tersedia

Telah berpengalaman dibidang kurilum sebaba tersedia silabus untuk setiap bidang studi

Tersedia dana dari pusat (SSN)

Ö

Ö

Eksternal
Dinas Pendidikan Adanya Narasumber dari Dinas Sewaktu-waktu meminta bantuan dari Kasi kurikulum Dinas Pendidikan Nasional Ö

Sasaran 3 : Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Komponen fungsi dan Faktornya Kriteria Kesiapan

(Kondisi Ideal)

Kondisi Nyata Tingkat Kesiapan Faktor
Siap Tdk
1 2 3 4 5
Internal
Guru

Siswa

Orang tua

Melaksanakan workshop secara terprogram

Latihan komputer dan internet bagi sisiwa secara kontinue

Dukungan dari orang tua

Workshop sesuai dengan kebutuhan sekolah

Masih terbatasnya unit komputer disekolah

Dukungan dana dan moril melalui komite sekolah

Ö

Ö

Ö

Eksternal
Dinas Pendidikan

Dana

Fasilitator dari Dinas Pendidikan  1 atau 2 orang setiap pertemuan

Dana tersedia

Mendatangkan fasilitatir dari kelompok pengawas dinas pendidikan

Dana SSN Bos dan Bantuan komite sekolah

Ö

Ö

Sasaran 4 : Program pengembangan sarana dan prasarana atau fasilitas sekolah

Komponen fungsi dan Faktornya Kriteria Kesiapan

(Kondisi Ideal)

Kondisi Nyata Tingkat Kesiapan Faktor
Siap Tdk
1 2 3 4 5
Internal
Sarana prasarana

Dana

Sarana dan prasarana lengkap dan berfungsi sebagaimana mestinya

Diprogram pada anggaran belanja dan program sekolah

Komputer, OHP, LCD, Papan Tulis, Buku Perpustakaan, kurang

WC perlu penanggulangan khusus

Tersedia dana dari SSN pusat dan bantuan lainnya yang relevan

Ö Ö
Eksternal
Dana

Komite Sekolah

Kebutuhan Dana

Membantu Dana

Untuk memebuhi kebutuhan sarana dan prasarana diperlukan dana yang cukup banyak

Membantu dana penunjang

Ö Ö

Sasaran 5 : Implementasi Manajemen Sekolah

Komponen fungsi dan Faktornya Kriteria Kesiapan

(Kondisi Ideal)

Kondisi Nyata Tingkat Kesiapan Faktor
Siap Tdk
1 2 3 4 5
Internal
Staf TU

Guru

Setiap kegiatan insidentil dokumen

Administrasi yang rapi dan jelas

Diperlukan tenaga TU yang handal

Adminstrasi kurang lengkap

Tanaga TU kurang

Ö

Ö

Eksternal
TU/Staf TU dan Staf terlatih dan terampil Kurang adanya pelatihan bagi staf TU Ö

Sasaran 6 : Standar Keuangan dan Pembiayaan

Komponen fungsi dan Faktornya Kriteria Kesiapan

(Kondisi Ideal)

Kondisi Nyata Tingkat Kesiapan Faktor
Siap Tdk
1 2 3 4 5
Internal
Dana Penggunaan dana yang tepat Penggunaan dana 90% sesuai dengan progam Ö
Eksternal
Komite Sekolah Suntikan dana dari komite sekolah Suntikan dana dari komite sekolah masih dianggap kurang Ö

Sasaran 7 : Program pelaksanaan pengembangan sarana PBM

Komponen fungsi dan Faktornya Kriteria Kesiapan

(Kondisi Ideal)

Kondisi Nyata Tingkat Kesiapan Faktor
Siap Tdk
1 2 3 4 5
Internal
Guru

Sarana dan Prasarana

Dana

Terlibat langsung sarana dan prasarana

Lengkap seperti buku-buku, komputer, ruang kelas dan media yang diperlukan untuk mengajar serta memiliki dokumen yang jelas

Siap

Setiap kegiatan proses belajar di kelas guru hendaknya selalu ada

Buku kurang lengkap

Perlu penataan dokumen sekolah

Bantuan Bos, Komite

Ö

Ö

Ö
Eksternal
Siswa Siswa ikut berpartisipasi aktif  dalam kemajuan proses belajar mengajar Sebagian kurang bersemangar, kurang disiplin

Wc perlu diperhatikan

Ruang UKS

Ö Ö

Sasaran 8 : Program pengembangan dan implemenatasi sistem penilaian

Komponen fungsi dan Faktornya Kriteria Kesiapan

(Kondisi Ideal)

Kondisi Nyata Tingkat Kesiapan Faktor
Siap Tdk
1 2 3 4 5
Internal
Guru

Instrumen

Diberikan ulangan harian setelah selesai pokok/sub produk bahasan

RPP, Buku sumber, silabus lengkap

Kadang-kadang setelah selesai pokok bahasan tidak diberikan ulangan harian

Buku sumber kurang lengkap

Ö

Ö

Eksternal
Siswa Memiliki kelengkapan belajar buku, kamus dll Alat belajar kurang lengkap Ö

H.     ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH

No Sasaran Kegiatan Persoalan Pada Komponen / Faktor Alternatif Pemecahan Persoalan
1. Sekolah mengembangkan standar kelulusan tahun pelajaran 2008/2009 Kesiapan siswa kurang
  • Mengadakan bimbingan belajar tambahan
  • Mengadakan uji coba Ujian Nasional
Kesiapan guru kurang
  • Meminta tambahan guru
  • Mengadakan pelatihan
  • In House Training (IHT)
  • Mengundang pakar
  • Memberdayakan guru yang ada
2. Sekolah mengembangkan bahan / sumber pembelajaran Jumlah buku tiap mata pelajran kurang
  • Menambah buku siswa
  • Menambah buku penunjang
3. Sekolah mengembangkan Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) berikut kelengkapannya (Silabus dan penilaian, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) untuk dilaksanakan dikelas VII tahun 2007/2008, dan dilaksanakan tahun pelajaran berikutnya. Kemampuan guru masih kurang
  • Mengadakan whork shop
  • Mengadakan IHT
  • Supervisi klinis
  • Mengadakan MGMP
  • Magang di sekolah lain
4. Sekolah mengembangkan profesionalitas, kompetensi guru dan tenaga TU Guru dan tenaga administrasi kurang siap
  • Mengadakan pelatihan komputer bagi guru dan tenaga TU
  • Mengadakan IHT bagi tenaga TU
Sarana pendukung (komputer dan printer) kurang
  • Menambah komputer
  • Mengajukan kepada Pemda / komite sekolah
  • Menambah printer
  • Perawatan lab. Komputer
No Sasaran Kegiatan Persoalan Pada Komponen / Faktor Alternatif Pemecahan Persoalan
5. Sekolah mengembangkan strategi pembelajaran dengan CTL tahun 2008/2009 Belum semua guru menggunakan pendekatan pembelajaran dengan CTL
  • Mengadakan work shop atau IHT CTL
  • Mengirimkan guru mengikuti work shop CTL
  • MGMP sekolah
Sarana pendukung kurang
  • Mengadakan sarana penunjang pembelajaran CYL
6. Sekolah mengembangkan media pembelajaran, sarana pendidikan dan lingkungan belajar yang kondusif Sarana penunjang belum memadai
  • Mengadakan sarana penunjang pembelajaran
  • Pengadaan sarana olahraga
  • Pengadaan sarana tenis meja
  • Penambahan alat dan bahan Lab. IPA
  • Pengadaan Komputer
  • Pengadaan Printer
Lingkungan sekolah belum bersih
  • Meningatkan kebersihan lingkunga
  • Penghijauan (luar dan dalam) lingkungan sekolah
7. Sekolah mengembangkan kejuaraan lomba bidang akademik (Olympiade Sains dan lomba Bahasa Inggris) non akademik (olahraga dan seni) Prestasi Olympiade Sains dan lomba Bahasa Inggris belum memuaskan
  • Mengadakan bimbingan ekstra klub Olympiade Sains
  • Mengadakan bimbingan ekstra klub Bahasa Inggris
Prestasi bidang olahraga dan seni kurang memuaskan
  • Mengadakan latihan ekstra bidang olahraga
  • Mengadakan latihan ekstra bidang seni
Sarana olahraga dan seni masih kurang
  • Melengkapi sarana penunjang latihan olahraga
  • Melengkapi sarana penunjang latihan seni
No Sasaran Kegiatan Persoalan Pada Komponen / Faktor Alternatif Pemecahan Persoalan
8. Sekolah mengembangkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pendidikan yang sesuai SNP Sistem informasi belum terkoordinir dengan baik
  • Mengorganisasikan sistem informasi
  • Memberdayakan tenaga tata usaha secara optimal
  • Menambah komputer
  • Entry data
Manajemen POAC belum maksimal
  • Membentuk tim perencana
  • Sosialisasi manajemen POAC
9. Sekolah mengembangkan dan melengkapi administrasi sekolah yang bersifat wajib dan tidak wajib Papan informasi kurang memadai, buku administrasi belum lengkap
  • Menambah papan informasi
  • Penambahan buku administrasi
10. Sekolah mengembangkan sistem/mekanisme layanan kemudahan akses program dan keuangan sekolah Mekanisme layanan belum siap
  • Pengadaan papan informasi mekanisme layanan sekolah
Kemudahan akses program dan keuangan sekolah belum optimal
  • Pengadaan papan informasi program sekolah dan sumber,

penggunaan, serta posisi keuangan sekolah.

11. Sekolah mengembangkan sistem subsidi silang Belum ada sosialisasi sistem subsidi silang
  • Mengadakan sosialisasi sistem subsidi silang kepada orang tua /

Wali murid

Peran Komite Sekolah belum optimal
  • Optimasi peran komite sekolah dan menunjang sistem subsidi silang

I.       RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN

Aspek-aspek dari Program Operasional (Tahunan) Tonggak-tonggak kunci keberhasilan Program Kegiatan Strategi
A.  Pemerataan dan Perluasan Akses 1.100% standar kelulusan meningkatkan tahun pelajaran 2007/2008 Sekolah meningkatkan standar kelulusan tahun pelajaran 2008/2009 1.Bimbingan   belajar ekstra

2.Uji coba Ujian Nasional

Memberdayakan sumberdaya sekolah secara optimal, bekerjasama dengan lembaga pendidikan lainnya
2.100% Sekolah mengembangkan

Bahan, sumber pembelajaran pada

tahun pelajaran 2007/2008

Sekolah mengembangkan bahan, sumber pembelajaran tahun pelajaran 2008/2009 Pengadaan buku pelajaran dan buku referensi Bekerjasama dengan komite sekolah
B.  Mutu, Efisiensi, dan Relevansi Pendidikan 1. 100% tersusun dokumen KTSP

Untuk kelas 7, 8, dan 9

Sekolah menyusun dokumen KTSP dan kelengkapannya untuk kelas 7, 8 dan 9 1.  WorkshopKTSP

2.  MGMP sekolah

Memberdayakan fasilitator yang ada di sekolah, kabupaten dan menjalin kerjasma dengan dinas dan Stakeholder lainnya
2.100% guru dan tenaga administrasi

profesional

Sekolah meningkatkan SDM tenaga kependidikan 1.  Pelatihan komputer bagi Guru dan Tenaga Administrasi

2.  Pengadaan komputer

3.  Perawatan komputer

Pemberdayaan sumber daya sekolah, menjalin kerjasama dengan lembaga pelatihan/kursus komputer
3.100% guru melaksanakan

pembelajaran CTL tahun pelajaran

2008/2009

Sekolah mengembangkan strategi pembelajaran dengan pendekatan CTL untuk semua guru 1.  Workshop CTL

2.  Melengkapi sarana penunjang CTL

Menjalin kerjasama dengan stake holder, LPMP
4.100% terpenuhi media pembelajran,

sarana pendidikan

Sekolah mengembangkan media pembelajaran, sarana pendidikan dan lingkungan belajar yang kondusif 1.  Pengadaan media pembelajaran

dan sarana penunjang pendidikan

lainnya

Pemberdayaan sumber daya sekolah dan lingkungan
5.Juara 1 dan 2 olympiade sains semua Bidang, juara olahraga dan seni Tingkat kabupaten Sekolah mengembangkan kejuaraan lomba-lomba akademis dan non akademis 1.  Bimbingan Klub Olympiade Sains

2.  Bimbingan Klub Bahasa Inggris

3.  Pelatihan Bola Volly Bagi Siswa

4.  Pelatihan Tenis Meja Bagi Siswa

5.  Pelatihan Basket Bagi Siswa

6.  Pelatihan Tarian Daerah

7.  Pelatihan Paduan Suara

8.  Pelatihan UKS

9.  Pelatiham Pramuka

Bekerjasama dengan komite sekolah, Pemda, Dinas, tenaga pelatihan dan pemberdayaan guru yang ada
Aspek-aspek dari Program Operasional (Tahunan) Tonggak-tonggak kunci keberhasilan Program Kegiatan Strategi
C.  Manajemen, Goverenance, dan Pencitraan Publik 1. 100% sistem informasi manajemen

Terorganisir dengan baik

Membuat jaringan informasi akademik internal sekolah 1.Pengadaan papan informasi

2.Entry data

Pemberdayaan tenaga administrasi dan guru
2. 100% administrasi sekolah yang

Wajib maupun tidak wajib lengkap

Sekolah melengkapi administrasi yangwajib maupun tidak wajib 1.Penambahan papan informasi

2.Penambahan buku administrasi

Bekerjasama dengan komite sekolah, memberdayakan tenaga administrasi
3. 100% Supervisi klinis dapat

Terlaksana

Melaksanakan supervisi klinis oleh sekolah Pelaksanaan supervisi klinis Mengoptimalkan sumberdaya sekolah
4.100% mekanisme layanan

Kemudahan akses program dan Keuangan sekolah terwujud

Sekolah mengembangkan sistem/mekanisme layanan kemudahan akses tentang program dan keuangan sekolah 1.  Pengadaan papan inforamsi

Mekanisme layanan sekolah

2.  Pengadaan papan informasi program

Sekolah dan sumber, penggunaan,

Serta posisi keuangan sekolah

Bekerjasama dengan komite sekolah dan stake holder lainnya
5. 100% subsidi silang siswa terlaksana Sekolah mengembangkan sistem subsidi silang 1.  Sosialisasi sistem subsidi silang

sekolah dengan orang tua/wali murid

Bekerjasama dengan komite sekolah

Sasaran 1    :    Sekolah mengembangkan standar kelulusan tahun pelajaran 2008/2009

Program 1   :    Melaksanakan bimbingan belajar ekstra untuk kelas IX

Kegiatan       :    1.   Menyusun program

2.   Bimbingan belajar kelas IX

3.   ME

4.   Pelaporan

Program 2   :     Uji Coba Ujian Nasional

Kegiatan       :     1.   Menyusun program

2.   Pelaksanaan uji coba

3.   ME

4.   Pelaporan

Penanggung jawab   :     Sinta Palupi Wardhani, S.Pd

Sasaran 2    :     Sekolah menyusun dokumen KTSP dan kelengkapannya untuk kelas 7, 8, 9

Program 1   :     Workshop KTSP

Kegiatan       :     1.   Menyusun program

2.   Pelaksanaan program

3.   Monitoring dan Evaluasi kegiatan

4.   Pelaporan

Penanggung jawab   :     Hadrianto Muksin, S.Pd

Sasaran 3    :     Sekolah meningkatkan kualitas SDM tenaga pendidik dan kependidikan

Program 1   :     Mengadakan pelatihan komputer guru dan tenaga TU, kursus B. Inggris

Kegiatan       :     1.   Menyusun program kegiatan

2.   Melaksanakan pelatihan

3.   Monitoring dan Evaluasi kegiatan

4.   Pelaporan

Penanggung jawab   :     Lily Meiyati

Sasaran 4    :     Sekolah mengembangkan media pembelajaran, sarana pendidikan dan lingkungan belajar yang kondusif

Program 1   :     Pengadaan media pembelajaran dan sarana prasarana pendidikan

Kegiatan       :     1.   Menyusun Program

2.   Standar harga / limit harga

3.   Pelaksanaan pengadaan

4.   Monitoring dan Evaluasi kegiatan

5.   Pelaporan

Penanggung jawab   :     Eriaty, A.Md

Sasaran 5    :     Program implementasi manaejemen sekolah (MBS)

Program 1   :

Kegiatan       :     1.   Menyusun program

2.   Melaksanakan bimbingan

3.   Uji coba

4.   Monitoring dan Evaluasi

5.   Pelaporan

Penanggung jawab   :     Bahrudin, A.Md

Sasaran 6    :     Sekolah mengembangkan kejuaraan lomba-lomba akademik dan non akademik

Program 1   :     Bimbingan klub olimpiade sains dan klub bahasa Inggris

Kegiatan       :     1.   Menyusun program

2.   Melaksanakan bimbingan

3.   Uji coba

4.   Monitoring dan Evaluasi

5.   Pelaporan

Penanggung jawab   :     Sinta Palupi Wardhani, S.Pd

Program 2   :     Pelatihan bola volly

Kegiatan       :     1.   Menyusun program

2.   Melaksanakan pelatihan

3.   Melaksanakan uji coba

4.   Monitoring dan Evaluasi kegiatan

5.   Pelaporan

Program 3   :     Pelatihan Tenis Meja, badminton

Kegiatan       :     1.   Menyusun program

2.   Melaksanakan pelatihan

3.   Melaksanakan uji coba

4.   Monitoring dan Evaluasi kegiatan

5.   Pelaporan

Program 4   :     Pelatihan Basket, Atletik

Kegiatan       :     1.   Menyusun program

2.   Melaksanakan pelatihan

3.   Melaksanakan uji coba

4.   Monitoring dan Evaluasi kegiatan

5.   Pelaporan

Penanggung jawab program 2, 3, 4 :      Bertinus, S.Pd

Program 5   :     Memiliki grup seni tari daerah drama dan puisi

Kegiatan       :     1.   Menyusun program

2.   Melaksanakan pelatihan

3.   Melaksanakan uji coba / perlombaan

4.   Monitoring dan Evaluasi

5.   Pelaporan

Program 6   :     Memiliki grup seni nasional yang siap pakai, dan Pramuka

Kegiatan       :     1.   Menyusun program

2.   Melaksanakan pelatihan

3.   Monitoring dan Evaluasi kegiatan

4.   Pelaporan

Program 7   :     Memiliki vokal grup yang  siap pakai

Kegiatan       :     1.   Menyusun program

2.   Melaksanakan pelatihan

3.   Monitoring dan Evaluasi kegiatan

4.   Pelaporan

Penanggung jawab program 5, 6, 7 :      1.   Munadi, S.Pd (pramuka & seni)

2.   Karlinawati, A.Md (vocal grup)

3.   Nuriati, S.Pd (Kesenian daerah)

4.   Hj. Wiwi Hanurawati, A.Md.Pd (pramuka)

5.   Sri Hartati, S.Pd (drama & puisi)

Program 8   :     Memiliki program UKS sekolah sehat, PMR

Kegiatan       :     1.   Menyusun program

2.   Melaksanakan pelatihan

3.   Monitoring dan Evaluasi kegiatan

4.   Pelaporan

Penanggung jawab   :     Betsyda, A.Md.Pd

Program 9   :     Keagamaan

Kegiatan       :     1.   Menyusun Program

2.   Melaksanakan pelatihan

3.   Monitoring dan evaluasi

4.   Pelaporan

Penanggung jawab   :     1.   Tihan

2.   Mahmudah, S.Ag

3.   Ariani, A.Md

Sasaran 7    :     Sekolah meningkatkan jaringan informasi akademik internal sekolah

Program 1   :     Membuat  jaringan informasi akademik di internal sekolah (SIM)

Kegiatan       :     1.   Entry data

2.   Monitoring dan Evaluasi

3.   Pelaporan

Program 2   :     Supervisi klinis oleh Kepala Sekolah

Kegiatan       :     1.   Menyusun Program

2.   Pelaksanaan Supervisi

3.   Instrumen supervisi

Penanggung jawab   :     1.   Kepala Sekolah

2.   Wakep / Tim

Sasaran 8    :     Sekolah mengembangkan sumber dana

Program 1   :     Sosialisasi sistem subsidi silang dengan orang tua / wali murid

Kegiatan       :     1.   Menyusun program

2.   Pelaksanaan sosialisasi

3.   ME

4.   Pelaporan

Penanggung jawab   :     Hj. Wiwi Hanurawati, A.Md.Pd

Sasaran 9    :     Sekolah mengembangkan sistem penilaian

Program 1   :     Melaksanakan workshop dan pelatihan

Kegiatan       :     1.   Menyusun program

2.   Pelaksanaan sosialisasi

3.   ME

4.   Pelaporan

Penanggung jawab   :     Endah Sulistyowati, S.Pd

J.          MONITORING DAN EVALUASI

Monitoing dan evaluasi dilaksanakan untuk mengetahui kelebihan dankekurangan serta ketercapaian dari pelaksanaan dari semua program selama satu tahun berjalan yang meliputi program, tenaga kependidikan, sarana dan proses KBM. Instrumen monitoring dan evaluasi di buat dan kembangkan sendiri oleh sekolah dan sebagian mengacu dari instrumen lain yang relevan.

Monitoring dan evaluasi dilakukan oleh Kepala Sekolah dan oleh tim yang dibentuk oleh sekolah. Adapun kegiatannya meliputi :

1.      Penyusunan program

2.      Pelaksanaan

3.      Monitoring dan evaluasi dan

4.      Pelaporan.

K.     RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH SATU TAHUN

NO PROGRAM/KEGIATAN Volume SUMBER KEUANGAN/PEMBIAYAAN TOTAL
PUSAT PROV. KAB. KOMITE LAIN-LAIN
I. PROGRAM SKL
A. Peningkatan nilai UAN

1. Pembelajaran sore (les) perbaikan dan pengayaan

36x 2380000 2380000
B. Peningkatan bid. akademik

1.  Bimb. Sains

2.  Lomba pidato B. Inggrsi

10x

4x

900000

360000

900000

360000

C. Peningkatan Bid Non akademik

1.  Pelaksanaan kegiatan ekstra bid. olahraga

2.     Pelaksanaan kegiatan ekstra bid seni lukis, tari, puisi

7x

4x

680000

680000

680000

680000

JUMLAH I 5000000
Mengetahui :
Wkl. Ketua Komite SMPN 1

Dusun Selatan

Kepala Sekolah, Ketua sub program,
Drg. DARYOMO SUKIASTONO MINGHARTIASO, S.Pd SINTA PALUPI W, S.Pd
NIP. 131 425 106 NIP. 132 141 184

NO PROGRAM/KEGIATAN Volume SUMBER KEUANGAN/PEMBIAYAAN TOTAL
PUSAT PROV. KAB. KOMITE LAIN-LAIN
I. Program Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
A. Pembuatan & pengembangan silabus 4 mata pelajaran 4x pertemuan

1.  ATK

2.  Honor peserta

3.  Honor pengurus

4.  Konsumsi

24 org

5 org

29 org

10000000

362000

1920000

600000

406000

10000000

362000

1920000

600000

406000

B. Pembuatan & pengembangan KTSP 4 mata pelajaran 4x pertemuan

1.  ATK

2.  Honor peserta

3.  Honor pengurus

4.  Konsumsi

– snak

– makan

24 org

5 org

29 org

29 org

532000

1920000

600000

406000

435000

532000

1920000

600000

406000

435000

C. Pembuatan dokumen kurikulum semua mata pelajaran 7,8,9

1.  ATK

2.  Fotocopy

3.  Honor pengurus

4.  Konsumi

5 org

5 org

344000

1500000

150000

75000

344000

1500000

150000

75000

D. Deskripsi hasil kegiatan

1.  Honor pengurus

2.  Konsumsi

3.  Pelporan

5 org

5 org

175000

75000

500000

175000

75000

500000

JUMLAH I 10000000
Mengetahui :
Wkl. Ketua Komite SMPN 1

Dusun Selatan

Kepala Sekolah, Ketua sub program,
Drg. DARYOMO SUKIASTONO MINGHARTIASO, S.Pd HADRIANTO MUKSIN, S.Pd
NIP. 131 425 106 NIP. 132 141 156

NO PROGRAM/KEGIATAN Volume SUMBER KEUANGAN/PEMBIAYAAN TOTAL
PUSAT PROV. KAB. KOMITE LAIN-LAIN
A. Workshop persiapan mengajar pengelolaan kelas dan metode/model-model pembelajaran

1.  Honor narasumber 2 org

2.  Bahan-bahan workshop

3.  ATK

4.  Honor pengurus

5.  Konsumsi

2x 6000000

1000000

1500000

1000000

1500000

1000000

6000000

1000000

1500000

1000000

1500000

1000000

B. Workshop penggunaan media dalam PBM dan implimentasi CTL dalam PBM

1.  Honor narasumber 2 org

2.  Bahan-bahan workshop

3.  ATK

4.  Honor pengurus

5.  Konsumsi

2x 6000000

1000000

1500000

1000000

1500000

1000000

6000000

1000000

1500000

1000000

1500000

1000000

C. Pembuatan dokumen, RPP, Silabus, penyediaan buku pembelajaran yg

1.  Pemb. dokumen RPP, Silabus

2.  Penyediaan buku-buku utk 11

mata pelajaran

5x 6800000

2500000

4300000

6800000

2500000

4300000

D. ATK 2x 600000 600000
E. Laporan 2x 600000 600000
JUMLAH I 20000000
Mengetahui :
Wkl. Ketua Komite SMPN 1

Dusun Selatan

Kepala Sekolah, Ketua sub program,
Drg. DARYOMO SUKIASTONO MINGHARTIASO, S.Pd MUNADI, S.Pd
NIP. 131 425 106 NIP. 132 225 953

NO PROGRAM/KEGIATAN Volume SUMBER KEUANGAN/PEMBIAYAAN TOTAL
PUSAT PROV. KAB. KOMITE LAIN-LAIN
A. Peningkatan kemampuan komputer dan internet  bagi semua warga sekolah (tenaga pendidik dan kependidikan) Melalui pelatihan, kursus 5x

50 org

B. Peningkatan kemampuan internet bagi semua warga sekolah (kepsek,karyawan)

Melalui pelatihan, kursus

5x

2 org

1400000

600000

1400000

600000

C. Peningkatan kemampuan guru, kepsek menggunakan ICT dalam PBM melalui pelatihan, kursus 5x

1 org

1200000

300000

1200000

300000

D. Pelaporan 1x 500000 500000
JUMLAH I 10000000
Mengetahui :
Wkl. Ketua Komite SMPN 1

Dusun Selatan

Kepala Sekolah, Ketua sub program,
Drg. DARYOMO SUKIASTONO MINGHARTIASO, S.Pd LILY MEIYATI
NIP. 131 425 106 NIP. 131 094 144
NO PROGRAM/KEGIATAN Volume SUMBER KEUANGAN/PEMBIAYAAN TOTAL
PUSAT PROV. KAB. KOMITE LAIN-LAIN
Pengembangan sarana dan prasarana & fasilitas sekolah 20000000 20000000
A. Pengadaan 1 unit LCD 1 unit 12000000 12000000
B. Dispenser 1 unit 1500000 1500000
C. Kipas Angin 1 unit 800000 800000
D. Kasur penjaga malam 1 unit 700000 700000
E. Penyekat ruang guru 1 unit 4000000 4000000
F. Transport panitia 8 org 600000 600000
G. Pelaporan 2 kali 400000 400000
JUMLAH I 2000000 20000000
Mengetahui :
Wkl. Ketua Komite SMPN 1

Dusun Selatan

Kepala Sekolah, Ketua sub program,
Drg. DARYOMO SUKIASTONO MINGHARTIASO, S.Pd ERIATY, A.Md
NIP. 131 425 106 NIP. 130 787 842
NO PROGRAM/KEGIATAN Volume SUMBER KEUANGAN/PEMBIAYAAN TOTAL
PUSAT PROV. KAB. KOMITE LAIN-LAIN
I. Menyusun dokumen pengembangan
manajemen sekolah
1.1 Rapat penyusunan dokumen/penyu- 3x 500000 500000
sunan  program
1.2 Workshop manajemen guru, TU, 1x 2000000 2000000
pegawai sekolah dan kepsek
1.3 Workshop manajemen perpustakaan 1x 1000000 1000000
II. Operasional Implementasi MBS
2.1 Penerapan manajemen guru PBM, 1x 3000000 3000000
remedial dan pengayaan
2.2 Persiapan manajemen ekstrakurikuler 1x 1000000 1000000
pramuka dan Osis
2.3 Penerapan manajemen perpustakaan 1x 1000000 1000000
2.4 Kerjasama dengan media cetak 1x 2500000 2500000
III. Operasional Implementasi pendoku-
mentasian MBS
3.1 Pendokumentasian MBS 1x 1500000 1500000
IV. Pendokumentasian panduan khusus
pendidikan berbasis ICT, manajemen 1X 1500000 1500000
perpustakaan, kesiswaan, fasilitas 1X 1000000 1000000
V. ATK 1000000 1000000
TOTAL 15000000
Mengetahui :
Wkl. Ketua Komite SMPN 1

Dusun Selatan

Kepala Sekolah, Ketua sub program,
Drg. DARYOMO SUKIASTONO MINGHARTIASO, S.Pd BAHRUDIN, A.Md
NIP. 131 425 106 NIP. 131 995 543

NO PROGRAM/KEGIATAN Volume SUMBER KEUANGAN/PEMBIAYAAN TOTAL
PUSAT PROV. KAB. KOMITE LAIN-LAIN
A. Pembentukan panitia 1x 100000 100000
B. PenyusunanProgam kerja 1x 100000 100000
C. Melaksanakan pertemuan dgn stakeholder khususnya komite sekolah/orang tua siswa 1x 800000 800000
D. Melakukan usaha mandiri dgn kegiatan yang menghasilkan keuntungan ekonomi 10 bln 3000000 3000000
E. ATK kegiatan 1x 300000 300000
F. Pelaporan 1x 200000 200000
G. Evaluasi/monitoring 2x 500000 500000
JUMLAH I 5000000
Mengetahui :
Wkl. Ketua Komite SMPN 1

Dusun Selatan

Kepala Sekolah, Ketua sub program,
Drg. DARYOMO SUKIASTONO MINGHARTIASO, S.Pd Hj. WIWI HANURAWATI,AMd.Pd
NIP. 131 425 106 NIP. 131 783 231
NO PROGRAM/KEGIATAN Volume SUMBER KEUANGAN/PEMBIAYAAN TOTAL
PUSAT PROV. KAB. KOMITE LAIN-LAIN
A. Rapat panitia 1x 50000 50000
B. Workshop prog. pengembangan & implementasi sistem penilaian 1x 2250000 2250000
C. Pembuatan konsep & panduan Standar Nasional sistem penilaian, (yaitu dokumen standar nilai, standar metode penilaian, standar instrumen penilaian sesuai mapel,  standar analisis nilai, standar kompetensi yang dinilai) 5x 1580000 1580000
D. Kegiatan khusus pembuat kisi-kisi kompetensi yang akan dinilai berstandar nasional. 1x 240000 240000
E. Kegiatan khusus Pembuatan instrumen atau perangkat soal dlm berbagai bentuk/jenis sesuai mapelnya yang sesuai tuntutan kurikulum nasional 1x 240000 240000
F. Kegiatan khusus penilaian dan analisis nilai oleh semua guru 1x 240000 240000
G. Pelaporan 2x 400000 400000
JUMLAH I 5000000 5000000
Mengetahui :
Wkl. Ketua Komite SMPN 1

Dusun Selatan

Kepala Sekolah, Ketua sub program,
Drg. DARYOMO SUKIASTONO MINGHARTIASO, S.Pd ENDAH SULISTYOWATI, S.Pd
NIP. 131 425 106 NIP. 132 161 758

Kurikulum berbasis standar

IDENTIFIKASI PERMASALAHAN SSN TH. 2008 DAN 2009

NAMA SEKOLAH :      SMPN 1 DUSUN SELATAN

ALAMAT                    :      Jl. KIHAJAR DEWANTARA NO 56 BUNTOK

ANGKATAN        :      2008 DAN 2009

REGION                                                        : BOGOR, JAWA BARAT

TANGGAL PELAKSANAAN WORKSHOP               : 28 Juni s/d 2 Juli 2010

HASIL PROGRAM DAN KEGIATAN SMP  – SSN

No ASPEK PERMASALAHAN SOLUSI / PEMECAHAN MASALAH
1 STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
  1. Tingkat kelulusan hasil ujian nasional (UN) tahun 2009 belum mencapai  100 0/0 ( tahun2009 9 0/0 ) sedangkan kualitas dan  mutu kelulusan mencapai target, th. 2009  rata – rata = 7,54
1.Pelaksanaan bimbingan belajar ditingkatkan khusus kelas IX yang dimulai pada awal tahun pelajaran.

  1. Melaksanakan uji coba UN dengan soal / materi dari nara sumber yang berkopetensi
  2. Memotivasi siswa agar giat belajar secara individu / kelompok , dirumah, disekolah, perpustakaan , dll.
2 STANDAR ISI
  1. Belum semua guru mata pelajaran memahami dan bisa membuat silabus, termasuk silabus Muatan Lokal
  1. Belum merata guru mata pelajaran dapat membuat Rencana Program Pembelajaran dengan baik danm benar
    1. Melaksanakan Work Shop / Pelatihan / MGMP membuat silabus dengan mengundang nara sumber dari LPMP, atau instruktur yang sudah professional
    2. Meningkatkan kegiatan MGMP bidang studi sebagai sarana guru untuk pelatihan agara terampil membuat rencana program pembelajaran.
3 STANDAR PROSES
  1. Pelaksanaan proses pembelajaran dikelas belum sepenuhnya dilaksanakan oleh guru dengan metode PAKEM dan pendekatan CTL
  2. Belum memadai media pembelajaran dan bahan ajar siswa
  3. Program Remedial dan Pengayaan masih perlu diefektifkan
    1. Melaksanakan work shop / pelatihan cara belajar dengan pendekatan CTL oleh nara sumber dari LPMP
    2. Melaksanakan pembuatan bahan ajar
  1. Semua guru matapeljaran membuat program remedial dan pengayaan serta melasakannya
4 STANDAR PENILAIAN
  1. Setelah diadakan sosialisasi dan pelatihan tentang menyusun instrument / perangkat soal untuk berbagai model evaluasi ternyata masih ada beberapa guru yang masih belum bisa membuat perangkat soal
  2. Waktu diadakan sosialisasi / pelatihan ada beberapa guru yang tak mengikuti karena ada halangan.
    1. Diadakan lagi sosialisasi / pelatihan bagi guru yang belum bisa membuat perangkat soal untuk berbagai model evaluasi.
    2. Diharapkan guru yang belum ikut sosialisasi / pelatihan tentang menyusun instrument / perangkat soal dapat mengikuti supaya dapat menyusun instrument / perangkat soal .
5 STANADAR MANAJEMNEN / PENGELOLAAN
  1. Implementasi manajemen sekolah belum optimal, karena penyusunan rencana pengembangan sekolah baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang  tidak seluruhnya melibatkan guru / pegawai, tetapi program tersebut secara terus menerus disosialisasikan
  2. Megusun program pengembangan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) melibatkan seluruh warga sekolah termasuk komite sekolah dan Stake holders.
  3. Semua guru / pegawai dan pihak terkait mendukung program pengembangan sekolah SSN.
  4. Program pengembangan sekolah mengamat asas :
–          Transparan / keterbukaan

–          Realistis

–          Akuntable

6 STANDAR TENAGA PENDIDIKAN DAN KEPENDIDIKAN
  1. Belum semua guru / pegawai daoat mengoperasikan komputer dan mengakses internet dengan benar
  2. Melaksanakan workshop / pelatihan komputer dan internet dengan nara sumber yang berkompetensi

7

STANDAR SARPRAS
  1. Masih kurang sarana  prasarana / fasilitas untuk menunjang proses pembelajaran .
  2. Sarana dan fasilitas WC siswa masih kurang memadai dan nyaman.
  1. Penataan taman sekolah masih belum optimal
  1. Sarana muatan lokal keunggulan lokal ( kolam ikan ) perlu pembenahan dan pembibitan ikan
  2. Pengadaan satu unit printer, laptop, tape recorder, pemasangan  website sekolah
  3. Perbaikan bak mandi, saluran pembuangan air, dan pengadaan perlengkapan WC
  4. Pembenahan taman di lingkungan sekolah dengan menanam pohon hijau dan penambahan vot bunga.
4.pembenahan kolam dan pengadaan bibit  ikan air tawar.
8 STANDAR PEMBIAYAAN
  1. Dana operasional dan dana pengembangan masih belum maksimal yang bersumber dari BOS dan komite sekolh, maka sekolah harus menggali sumber dana yang tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku.
  2. Memohon dukungan dan bantuan dari PEMDA, Komite Sekolah, dan Donator.
  3. Mengadakan kerjasama dengan koperasi sekolah dan kantin sekolah.
  4. Pengadaan foto studio mini.

Buntok, 24 Juni 2010

Kepala SMPN 1 Dusun Selatan,

MINGHARTIASO, S.Pd

NIP. 19580724 198412 1 005

IDENTIFIKASI PERMASALAHAN SSN TH. 2008 DAN 2009

NAMA SEKOLAH :      SMPN 1 DUSUN SELATAN

ALAMAT                    :      Jl. KIHAJAR DEWANTARA NO 56 BUNTOK

ANGKATAN        :      2008 DAN 2009

REGION                                                        : BOGOR, JAWA BARAT

TANGGAL PELAKSANAAN WORKSHOP               : 28 Juni s/d 2 Juli 2010

HASIL PROGRAM DAN KEGIATAN SMP  – SSN

No ASPEK PERMASALAHAN SOLUSI / PEMECAHAN MASALAH
1 STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
  1. Tingkat kelulusan hasil ujian nasional (UN) tahun 2009 belum mencapai  100 0/0 ( tahun2009 9 0/0 ) sedangkan kualitas dan  mutu kelulusan mencapai target, th. 2009  rata – rata = 7,54
1.Pelaksanaan bimbingan belajar ditingkatkan khusus kelas IX yang dimulai pada awal tahun pelajaran.

  1. Melaksanakan uji coba UN dengan soal / materi dari nara sumber yang berkopetensi
  2. Memotivasi siswa agar giat belajar secara individu / kelompok , dirumah, disekolah, perpustakaan , dll.
2 STANDAR ISI
  1. Belum semua guru mata pelajaran memahami dan bisa membuat silabus, termasuk silabus Muatan Lokal
  1. Belum merata guru mata pelajaran dapat membuat Rencana Program Pembelajaran dengan baik danm benar
    1. Melaksanakan Work Shop / Pelatihan / MGMP membuat silabus dengan mengundang nara sumber dari LPMP, atau instruktur yang sudah professional
    2. Meningkatkan kegiatan MGMP bidang studi sebagai sarana guru untuk pelatihan agara terampil membuat rencana program pembelajaran.
3 STANDAR PROSES
  1. Pelaksanaan proses pembelajaran dikelas belum sepenuhnya dilaksanakan oleh guru dengan metode PAKEM dan pendekatan CTL
  2. Belum memadai media pembelajaran dan bahan ajar siswa
  3. Program Remedial dan Pengayaan masih perlu diefektifkan
    1. Melaksanakan work shop / pelatihan cara belajar dengan pendekatan CTL oleh nara sumber dari LPMP
    2. Melaksanakan pembuatan bahan ajar
  1. Semua guru matapeljaran membuat program remedial dan pengayaan serta melasakannya
4 STANDAR PENILAIAN
  1. Setelah diadakan sosialisasi dan pelatihan tentang menyusun instrument / perangkat soal untuk berbagai model evaluasi ternyata masih ada beberapa guru yang masih belum bisa membuat perangkat soal
  2. Waktu diadakan sosialisasi / pelatihan ada beberapa guru yang tak mengikuti karena ada halangan.
    1. Diadakan lagi sosialisasi / pelatihan bagi guru yang belum bisa membuat perangkat soal untuk berbagai model evaluasi.
    2. Diharapkan guru yang belum ikut sosialisasi / pelatihan tentang menyusun instrument / perangkat soal dapat mengikuti supaya dapat menyusun instrument / perangkat soal .
5 STANADAR MANAJEMNEN / PENGELOLAAN
  1. Implementasi manajemen sekolah belum optimal, karena penyusunan rencana pengembangan sekolah baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang  tidak seluruhnya melibatkan guru / pegawai, tetapi program tersebut secara terus menerus disosialisasikan
  2. Megusun program pengembangan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) melibatkan seluruh warga sekolah termasuk komite sekolah dan Stake holders.
  3. Semua guru / pegawai dan pihak terkait mendukung program pengembangan sekolah SSN.
  4. Program pengembangan sekolah mengamat asas :
–          Transparan / keterbukaan

–          Realistis

–          Akuntable

6 STANDAR TENAGA PENDIDIKAN DAN KEPENDIDIKAN
  1. Belum semua guru / pegawai daoat mengoperasikan komputer dan mengakses internet dengan benar
  2. Melaksanakan workshop / pelatihan komputer dan internet dengan nara sumber yang berkompetensi

7

STANDAR SARPRAS
  1. Masih kurang sarana  prasarana / fasilitas untuk menunjang proses pembelajaran .
  2. Sarana dan fasilitas WC siswa masih kurang memadai dan nyaman.
  1. Penataan taman sekolah masih belum optimal
  1. Sarana muatan lokal keunggulan lokal ( kolam ikan ) perlu pembenahan dan pembibitan ikan
  2. Pengadaan satu unit printer, laptop, tape recorder, pemasangan  website sekolah
  3. Perbaikan bak mandi, saluran pembuangan air, dan pengadaan perlengkapan WC
  4. Pembenahan taman di lingkungan sekolah dengan menanam pohon hijau dan penambahan vot bunga.
4.pembenahan kolam dan pengadaan bibit  ikan air tawar.
8 STANDAR PEMBIAYAAN
  1. Dana operasional dan dana pengembangan masih belum maksimal yang bersumber dari BOS dan komite sekolh, maka sekolah harus menggali sumber dana yang tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku.
  2. Memohon dukungan dan bantuan dari PEMDA, Komite Sekolah, dan Donator.
  3. Mengadakan kerjasama dengan koperasi sekolah dan kantin sekolah.
  4. Pengadaan foto studio mini.

Buntok, 24 Juni 2010

Kepala SMPN 1 Dusun Selatan,

MINGHARTIASO, S.Pd

NIP. 19580724 198412 1 005

IDENTIFIKASI PERMASALAHAN SSN TH. 2008 DAN 2009

NAMA SEKOLAH :      SMPN 1 DUSUN SELATAN

ALAMAT                    :      Jl. KIHAJAR DEWANTARA NO 56 BUNTOK

ANGKATAN        :      2008 DAN 2009

REGION                                                        : BOGOR, JAWA BARAT

TANGGAL PELAKSANAAN WORKSHOP               : 28 Juni s/d 2 Juli 2010

HASIL PROGRAM DAN KEGIATAN SMP  – SSN

No ASPEK PERMASALAHAN SOLUSI / PEMECAHAN MASALAH
1 STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
  1. Tingkat kelulusan hasil ujian nasional (UN) tahun 2009 belum mencapai  100 0/0 ( tahun2009 9 0/0 ) sedangkan kualitas dan  mutu kelulusan mencapai target, th. 2009  rata – rata = 7,54
1.Pelaksanaan bimbingan belajar ditingkatkan khusus kelas IX yang dimulai pada awal tahun pelajaran.

  1. Melaksanakan uji coba UN dengan soal / materi dari nara sumber yang berkopetensi
  2. Memotivasi siswa agar giat belajar secara individu / kelompok , dirumah, disekolah, perpustakaan , dll.
2 STANDAR ISI
  1. Belum semua guru mata pelajaran memahami dan bisa membuat silabus, termasuk silabus Muatan Lokal
  1. Belum merata guru mata pelajaran dapat membuat Rencana Program Pembelajaran dengan baik danm benar
    1. Melaksanakan Work Shop / Pelatihan / MGMP membuat silabus dengan mengundang nara sumber dari LPMP, atau instruktur yang sudah professional
    2. Meningkatkan kegiatan MGMP bidang studi sebagai sarana guru untuk pelatihan agara terampil membuat rencana program pembelajaran.
3 STANDAR PROSES
  1. Pelaksanaan proses pembelajaran dikelas belum sepenuhnya dilaksanakan oleh guru dengan metode PAKEM dan pendekatan CTL
  2. Belum memadai media pembelajaran dan bahan ajar siswa
  3. Program Remedial dan Pengayaan masih perlu diefektifkan
    1. Melaksanakan work shop / pelatihan cara belajar dengan pendekatan CTL oleh nara sumber dari LPMP
    2. Melaksanakan pembuatan bahan ajar
  1. Semua guru matapeljaran membuat program remedial dan pengayaan serta melasakannya
4 STANDAR PENILAIAN
  1. Setelah diadakan sosialisasi dan pelatihan tentang menyusun instrument / perangkat soal untuk berbagai model evaluasi ternyata masih ada beberapa guru yang masih belum bisa membuat perangkat soal
  2. Waktu diadakan sosialisasi / pelatihan ada beberapa guru yang tak mengikuti karena ada halangan.
    1. Diadakan lagi sosialisasi / pelatihan bagi guru yang belum bisa membuat perangkat soal untuk berbagai model evaluasi.
    2. Diharapkan guru yang belum ikut sosialisasi / pelatihan tentang menyusun instrument / perangkat soal dapat mengikuti supaya dapat menyusun instrument / perangkat soal .
5 STANADAR MANAJEMNEN / PENGELOLAAN
  1. Implementasi manajemen sekolah belum optimal, karena penyusunan rencana pengembangan sekolah baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang  tidak seluruhnya melibatkan guru / pegawai, tetapi program tersebut secara terus menerus disosialisasikan
  2. Megusun program pengembangan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) melibatkan seluruh warga sekolah termasuk komite sekolah dan Stake holders.
  3. Semua guru / pegawai dan pihak terkait mendukung program pengembangan sekolah SSN.
  4. Program pengembangan sekolah mengamat asas :
–          Transparan / keterbukaan

–          Realistis

–          Akuntable

6 STANDAR TENAGA PENDIDIKAN DAN KEPENDIDIKAN
  1. Belum semua guru / pegawai daoat mengoperasikan komputer dan mengakses internet dengan benar
  2. Melaksanakan workshop / pelatihan komputer dan internet dengan nara sumber yang berkompetensi

7

STANDAR SARPRAS
  1. Masih kurang sarana  prasarana / fasilitas untuk menunjang proses pembelajaran .
  2. Sarana dan fasilitas WC siswa masih kurang memadai dan nyaman.
  1. Penataan taman sekolah masih belum optimal
  1. Sarana muatan lokal keunggulan lokal ( kolam ikan ) perlu pembenahan dan pembibitan ikan
  2. Pengadaan satu unit printer, laptop, tape recorder, pemasangan  website sekolah
  3. Perbaikan bak mandi, saluran pembuangan air, dan pengadaan perlengkapan WC
  4. Pembenahan taman di lingkungan sekolah dengan menanam pohon hijau dan penambahan vot bunga.
4.pembenahan kolam dan pengadaan bibit  ikan air tawar.
8 STANDAR PEMBIAYAAN
  1. Dana operasional dan dana pengembangan masih belum maksimal yang bersumber dari BOS dan komite sekolh, maka sekolah harus menggali sumber dana yang tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku.
  2. Memohon dukungan dan bantuan dari PEMDA, Komite Sekolah, dan Donator.
  3. Mengadakan kerjasama dengan koperasi sekolah dan kantin sekolah.
  4. Pengadaan foto studio mini.

Buntok, 24 Juni 2010

Kepala SMPN 1 Dusun Selatan,

MINGHARTIASO, S.Pd

NIP. 19580724 198412 1 005

%d blogger menyukai ini: